10 Kiat Meredam Pertengkaran Hebat

Setiap pasangan pasti pernah bertengkar. Bahkan pasangan yang tampak harmonis pun pasti pernah ribut besar dan saling menyakiti hati satu sama lain. Meski terasa wajar, tidak segampang itu memahami pertengkaran bila hal ini terjadi pada diri Anda.
Ikuti cara berikut untuk membantu menyembuhkan sakit hati Anda dan menghindari pertengkaran berikutnya.

1. Menyadari sepenuhnya
Sadarilah, bahwa semua pasangan pasti pernah bertengkar. Bisa saja Anda sedang lelah, banyak pikiran, atau sedang tidak sehat. Apa pun alasannya, hal ini terjadi karena kita semua manusia dan marah merupakan keadaan yang manusiawi.

2. Bersikap sabar
Jangan lupa, perjalanan waktu dapat menyembuhkan rasa sakit hati Anda. Berikan satu dua hari untuk proses penyembuhan. Pada masa itu Anda harus ekstra hati-hati terhadap pasangan. Jangan bersikap cuek. Gunakan masa penyembuhan untuk mengerti bagaimana masing-masing dari Anda dapat berperilaku lebih baik. 

3. Jangan pergi
Mengurung diri di kamar atau keluar rumah sendirian untuk menenangkan diri boleh-boleh saja. Tetapi jangan meninggalkan rumah sambil membawa koper karena hal ini memberi kesan, Anda tidak ingin memperbaiki hubungan dengan pasangan.
4. Bertanggung jawab
Bila Anda berdua bertanggung jawab terhadap pertengkaran yang terjadi, berarti Anda berdua harus bekerja sama merapatkan kembali hubungan yang sempat retak secepat mungkin agar kembali pada jalur semula.
5. Kekuatan maaf
Jangan menyepelekan kekuatan maaf. Bersikeras bahwa Anda yang benar bukan jalan keluar yang baik. Mengakui kesalahan merupakan perbuatan yang terpuji. Orang yang tidak dapat meminta maaf akan sulit mempertahankan hubungan jangka panjang.

6. Bersikap baik
Menyimpan dendam sesudah pertengkaran akan mempertajam konflik. Sekali Anda memutuskan untuk berhenti bertengkar, Anda harus memperlakukan pasangan dengan perhatian yang lebih.
7. Yakin mencintai
Ingat janji yang Anda ucapkan pada saat menikah. Dengan mengingat mengapa Anda jatuh cinta pada pasangan, hati dan pikiran Anda akan terbuka.

8. Lakukan hal menyenangkan
Manjakan diri Anda berdua dengan makan malam di tempat yang sedikit istimewa, nonton film, bermain bersama anak-anak atau dengan binatang peliharaan. Saling bersikap aktif akan merangsang hormon endorphin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

9. Bermesraan
Berhubungan intim sesudah bertengkar tentu rasanya kurang menyenangkan. Namun kadang justru dapat mendekatkan Anda berdua kembali. Bila Anda dan pasangan sepakat untuk tidak meninggalkan kamar tidur sebelum masalah diselesaikan, berhubungan intim tidak akan dapat terhindarkan.

10. Konseling
Bila pertengkaran hebat merupakan hal yang biasa terjadi, Anda harus mengonsultasikan masalah dengan psikiater, psikolog, atau terapis. Kadang masing-masing pasangan saling melihat pasangannya dari sisi yang negatif. Terapis yang baik akan dapat membantu Anda menghilangkan pandangan yang negatif tadi.


Ikut berbagai kesempatan berhadiah. Klik gambar di bawah ini untuk info lebih lanjut →


{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

kiyute mengatakan...

http://kiyute80.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Mohon ijin memasukkan url berita ini di http://www.kibarkabar.com

Dengan segala hormat dan kerendahan hati, mohon berkenan untuk submit url ke www.KibarKabar.com pada setiap berita.

Terim kasih
Best Regards
KibarKabar

Posting Komentar